Sabtu, 20 Oktober 2018

Nomaden ala Geologis

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh,

Hai gemana kabar sahabat bloger, lama ga ketemu ya, karna kesibukan dan mood yang rada rada labiel jadi nulis-menulisnya pun sedikit terganggu.
Yang aku tulis kali ini, mungkin sedikit berbeda dengan sebelumnya, karna ini pengalaman menakjubkan kami, jadi aku musti abadikan melalui tulisan  di blog tercinta ini.

Seminggu setelah lebaran Idul fitri, tanggal 8 Juni 2017 aku dilamar, tentunya ini moment  yang sedari dulu aku tunggu tunggu dari sang kekasih. Yang namanya jodoh sudah datang, ga ada angin ga ada hujan wusshhh tetiba aja doi menawarkan diri datang ke Lombok, buat ngelamar. Alhamdulillah akhirnya kami akan melepas lajang, semoga kami dapat membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah, Aamiin Yaa Rabbal Alamin. Singkat cerita kami melangsungkan akad nikah tanggal 17 September 2017, dengan maskawin 9.17 gram emas, ceritanya biar sama gitcu dengan tanggal dan bulan nikahannya.
Nihh aku bagi sedikit moment bahagiaku saat berlangsungnya akad nikah kami yang sederhana di Lombok.

Akad Nikah
Akhirnya punya buku nikah nih
Aku terlihat sedikit berbeda yaa, maklum make up dari Wiwit Rias Pengantin ngetop banget polesnya ^___^.

Keesokan harinya, kami pun balik ke Bima, ke kampung halaman suami.  Perjalanan Lombok Bima via darat sekitar 12 jam dengan nyeberang melewati pelabuhan Kayangan Lombok Timur - Poto Tano Sumbawa Barat  selama 2 jam.

Nyeberang dari Lombok ke Sumbawa
Saat acara syukuran di rumah, beruntung Kapolres Bima Kota AKBP Ahmad Nurman SIK
dan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri berkesempatan hadir untuk memberi doa restu. Terimaksih atas segala doa dan kehadiran ibu bapak serta teman teman ya.

Foto bareng Bupati Bima
Suamiku berprofesi sebagai  seorang geologis di salah satu perusahaan konsultan tambang, jadi lokasi kerjanya kadang pindah pindah. Sistem kerja suami 2 bulan kerja 2 minggu cuti, dan karna masa cuti suami udah habis, seminggu setelah akad, aku pun ikut ke Makassar karna saat ini suami berdomisili di sana. Kami ke Makassar  pake kapal PELNI  Tilongkabila.

Oh iya perjalanan dari Bima - Makassar mengunakan kapal pelni sekitar 26 jam, dengan harga tiket  210 ribu rupiah perorang, cukup murah kan.

Sunrise dari atas KM Tilongkabila
Suasana kafetaria KM Tilongkabila
Dan akhirnya kehidupan berumah tangga dan menjadi seorang istri dimulai. 2 hari di Makassar, suami berangkat ke Kendari duluan lantaran harus  masuk kerja. Yahh baru juga habis nikah harus ldr ya,  imbasnya tagihan kartu hallo pun membludak drastis.

Tapi seminggu setelahnya aku nyusul, karna memang suami harus lebih dahulu berangkat untuk mempersiapkan tempat tinggalku.  Sepanjang jalan menuju bandara Sultan Hasanuddin Ujung Pandang, senyam senyum terus karna bentar lagi ketemu suami tercinta. Perjalanan udara dari Makassar - Kendari sekitar 45 menit, ternyata ga sejauh yang aku banyangkan.

Sampai di bandara Haluleo Kendari, aku di jemput sama temen suami karna doi masih otw dari site menuju kota Kendari. Jadi malam minggu 30 September 2017 waktu itu, beberapa hotel  penuh, dan akhirnya aku diistirahatkan di Hotel Centro, di sini  permalam mulai 150 ribu dengan  kamarnya ber - ac tapi no breakfast. Suami tiba di Kendari  sudah tengah malam  jadi sekalian sajalah kami menginap disini.
Karna ga ada breakfastnya, kami pun terpaksa  keluar hotel untuk cari sarapan, kebetulan taman kota lumayan dekat dari penginapan jadi sekalian lihat-lihat keramaian kota Kendari on freecarday.

Numpang foto di car free day kota Kendari
Yahh jauh jauh ke Kendari, sarapannya bubur ayam mas mas lagi hehe... ga lupa deh, buat kenang-kenangan pose foto dulu disini.

Sarapan bubur ayam di taman kota
Siangnya, kami pun siap siap menuju Molawe di kabupaten Konawe Utara, sebelum tancap gas kami singgah makan siang Sinonggi, ini merupakan makan khas Kendari, berupa kuah ikan yang dicampur dengan sayur bayam yang dimakan pake sagu.

Makan di warung Sinonggi
perjalanan Molawe-Kendari kami tempuh sekitar 3 jam, kebetulan suami yang bawa mobil jadi laju kendaraann sedikit woles lah.

Huuugh jalan waktu itu cukup bikin geleng geleng karna keluar dari kota Kendari, aspalnya banyak yang rusak, di tambah lagi sedang dilakukan pelebaran badan jalan, jadi debu ngepul dimana dimana, untungnya sih ga hujan, jadi ga becek.

Magrib, aku pun sampai di Molawe. disini aku ngekos 500 ribu perbulan, termasuk kasur bantal dan sepre, sementara toilet dan dapurnya harus berbagi dengan penghuni kos lainnya.  Lihat lihat sekitar suasananya cukup adem banyak pohon dan tadaaaa ibu kosnya banyak tanam bunga, aku tu aciated banget apa lagi pas lihat ibu kos punya alocasia ini, ini keladi dari  Mataram sudah aku incar-incar.

Site Tapunggaya
Habis turunin barang, aku diajak ke mes BKM tempat tinggalnya suami selama disite, dari kos kosan cuma 15 menit saja.  Mes suami posisinya paling belakang, dikelilingi hutan belantara, perkamar buat tidur 2 orang. Jadi memang sangat ga memungkin aku ikut tinggal disini, karna hampir semua crew adalah lelaki dan memang aku kan bukan pegawai BKM hehe.  Dengan kondisi kamar suami yang berdinding triplek saya hanya bisa  berdoa, semoga suami nyaman istrahat.

Camp BKM Molawe
Saya beberapa kali main ke mes suami, di mes aku dipanggil sama crew lainnya dengan panggilan ibu, wkkwkkw terdenganr sedikit gemana gitu tapi yahh lama lama aku juga terbiasa dipanggil bu ibu.

di Molawe sy ikut suami selama satu bulan, banyak kenangan yang berbekas dsini. salah satunya suara ombak pengantar tidurku, maklum Kos kos yang saya tempati disini cuma berjarak 50 meter dari bibir pantai. Meski pinggir pantai aku malah cuma sekali nikmati sunrise Molawe hahha, habisnya suami pelit banget diajak jalan jalan, katanya capek kalo jalan,dan suatu ketika saya berhasil menyeret suami bangun pagi, dan kami pun berjalan di susunan pasir basah pantai Molawe, yah  sekalian cari ikan segar gitu maskudnya dari neayan yang pulang melaut.

Suasana sunrise di pantai Molawe
Dan lagi lagi ada satu hal yang selalu membuat aku takjub disini di mana ada pohon, pasti dsana juga tumbuh angrek, haha setiap mataku melototin tu anggrek, suami pun mendesah, karna ujung ujungnya ntar dia yang repot bawain pulang hahhaa.
meski agak agak males ogah gitu ya namanya suami yaa maaak, tetep ajah  karna  tahu istri suka angrek, tiba tiba ja pas sore sore pulang kerja aku dihadiahi beberap pohon angrek hasil tanggkapan suami di hutan.
Romantis banget yaaa.

Anggrek dari suami selama di Molawe
 Oh ya, di Molawe tempat saya ini nyaris tiap malam hujan, entah lah karna musim hujan atau emang curah hujan yang cukup tinggi, tanah dsini sedikit berpasir,tapi sangat  subur buat ditanami bunga bunga. Heran aku mak...

Sambil nunggu suami pulang  kerja, aku biasa main ma anaknya ibu kos, eh dia mahmud juga loh nama anaknya Kaira.  Karna memang harus jalin silaturrahmi, ya sekalian pedekate gitu biar enak mau nanya nanya tentang bunga peliharaannya, yaahh kali kali dikasih stek sana stek sini kan?.

Suami lagi petik pucuk jambu mente buat sambal
Dan suatu hari aku pun berhasil menyakinkan anaknya ibu kos untuk menganjakku ke toko bunga guna nyari talas yang selam ini aku cari cari.
sebelumnya sempat nemu alocasia ini di Mataram bareng suami, ukuran setinggi 30 centimeter 400 ribu mak haha kami pun balik kanan lah mending pake makan di lesehan depan yaa.
atap syukurlah disini talas setinggi 15-20 centimer hanya 50 ribu saja, selain talas aku juga beli bunga lain seperti aku pakuan begonia dan bunga batik.

Minggu ke tiga kami di Molawe, suami sempat beli burung seharga 50 ribu, dibeliin pisanglah, bubur sun rasa banana lah, umhh suami pokoknya exciated ngasih perhatian ke hewan peliharaannya tersebut, beberapa hari kemudian suami harus ke Kendari untuk maintance mobil dan alat, terpaksa si bulu hijau kami tinggali.

Entah lagi apes ya,  pas dalam perjalan ke Kendari, kami nerima kabar kalo si monalisa si burung kakak tua putihnya suami di curi, waah wajah suami langsung bermuram durja gitu, maklum perjuangan untuk memiliki si mona cukup besar, karena di bawa dari Waigeo Raja ampat udah gitu baru saja selesai dibuatin rumah. Dan keesokan harinya kabar duka lagi, karna si burung hijau di Molawe meninggal dunia.

Karna berbagai urusan yang tak kunjung usai, awalnya di Kendari 2 hari malah menetap jadi seminggu mak, terpaksa aku ikutan tinggal di mes karyawan biar hemat.

Minggu minggu terakhir suami dan crew lainnya sempat ngumpul bakar-bakar ayam di pantai Molawe, di pantai ini sebennernya sih katanya cukup sering di kunjungi, sepanjang pantai saya lihat banyak pondok pondok tempat duduk.

Bakar ayam di pantai
Makan makan di pinggir pantai
Main pasir di pantai Molawe
Oh iya jaringan disini cukup lancar, mungkin karna pinggir pantai yah, jadi suami masih aman buat nonton streaming pertandingan PSM dan AC Milannya.

Streaming nonton bola gaess
Nemenin nonton bola lagi gaess
Tiada hari tanpa streaming bola gaess
Disini susahnya pedagang sayur,  pedang sayurnya datangnya diatas pukul 9 pagi, katanya sih sayur sayuran tersebut juga dibeli dari kota Kendari, pantesan saja sampainya siang bolong di sini. Meski tanahnya subur  selain menjadi nelayan, masyarakat Molawe banyak berkebun  cengkeh. Disini, satu kilo cengkeh kering dihargai 100 ribu rupiah.

Yang aneh lagi saya perhatikan di sini anak sekolahnya, ga yang SD SMP atau SMA, gampang banget mereka untuk tidak masuk sekolah, Senin saya lihat berseragam, mungkin hari Kamis lagi baru saya lihat rapi berseragam ke sekolah.

Suami sempat ngajak naik ke lokasi tambangnya, dulu pernah ngebanyangin  bagaimana kondisi kerja ditambang, wahha ternyata begini yaa, thankiyu deh buat suami buat  pengalaman jalan jalan nya.

Kumpul bareng crew
Site Tapunggaya
Di Molawe ada satu hiburan warga yang nyaris saya dengar tiap malam,  Malulo, yakni tarian saat tengah merayakan acara perkawinan atau acara acara besar lainnya, gerakannya cukup sederhana, warga biasanya akan membuat lingkaran, makin lama makin besar lingkarannya dan malulo ini diiringan oleh musik yang di pandu oleh biduan. Yaa mirip-mirip  orgen tunggal namun gerakan tariannya khas dengan pola melingkar.

Ada beberapa pengalaman unik saya sewaktu disni, yang paling berkesan waktu beli sate Pokea, waktu itu beli sate pokea dua tusuk dikasih burasaknya 5 rangkap, WTF, kan ga lucu makan burasak segitu banyak ga ada lauknya, si penjualpun ngotot ga mau jual Sate pokeanya saja, alasannya sudah sepaket sama burasak. Ada juga pengalaman beli pop ice di pasar Tapung gaya, si penjual malah blender pop ice sekalian sama praktis es nya, alhasil pas diminim pop ice nya serasa makan plastik.
Cukup sebulan kami di Molawe, suami harus move ke Morowali Utara Sulawesi Tengah. Sebagai istri yang baik hati saya pun ikut.

Kos di Molawe
Kami berangkat sekitar pukul 9 pagi dan tiba di Mohoni Morowali Utara sekitar pukul 9 malam, perjalan yang cukup panjang dengan melewati berbagai desa dan kecamatan.
Kami beberapa kali singgah selama dalam perjlaan hanya sekedar untuk mengabadikan tempat tempat yang instagramable.
Menuju Morowali bisa dihitung daerah mana saja yang pakai hotmix, nyris kondisi  jalanannya kaya jalan pedesaan di daerahku.

Singgah di Bungku
 Kalo di Mohoni ini saya ngekos di rumahnya ibu sekdes, kebetulan salah satu anaknya merupakan junior dari suami di kampus. Ada empat kamar kos disini 3 diantaranya sudah terisi teramsuk yang saya tempati. Dibelakang kos merupakan kebun sawit, ga hanya ditempat bapak kos, nyaris sepanjang jalan kebun sawit dan beberapa wilayah juga ditanami warga dengan pohon karet. Oh iya ini pertama kali saya lihat pohon sawit dan karet loh, maklum di Lombok dan Bima saya belum pernah nemu.

Anak bungsu Bapak kos Ninda

Nanda dan Nindi
Udara ditempatkku tinggal kali ini cukup sejuk, maklum dibawah gunung gitu, tapi karna dibawa gunung alhasil signal pun out outan, untuk signal internet nyampenya 2g doang, itu pun kadang muncul kadang hilang, dan lebih parahnya kalo mati lampu signal  buat nelpon  pun hilang. Disini nyaris tiap hari mati lampu dan nyaris tiap malam hujan angin.

Berbeda dari Molawe yang cuma 15  menit, camp suami dengan kos kosan jaraknya cukup jauh sekitar satu jam perjalanan, camp suami di puncak gunung, musti lewatin hutan belantara. Jadi suami selang sehari datang jengukin ke kos. Dan selang sehari juga kami keluar malam hari buat nyari signal 3g buat buka whatsup dan lain lain. Salah satunya daerah tujuan kami  ke Beteleme yang jaraknya sekitar satu jam dari kos kosan.
Memmang butuh perjuangan buat dapatin signal disini, itu pun kami harus nongkrong di  cafe kopi yang sediain genset, maklum listrik disini masih ababil alias nyala padam. Jadi kalo lagi butuh full listri buat kerja laporan, atau nonton bola, suami biasanya ngajak nginap, alih alih biar dapat pasokan listrik sepanjang malam. Biasanya kami nginap di hotel Jawatimur dan  hotel  Glori, harga permalam sekitarn 250 ribu rupiah.

Selain Beteleme, kadang kami ke Kolonodale yang merupakan ibu kota Morowali Utara dengan jarak tempuh 1,5 jam dan yang paling dekat di wilayah Emea sekitar 30 menit dari kos kosan.

karna pindah cuma bawa baju doang, kami pun terpaksa belanja keperluan rumah tangga untuk masak memasak, beli tabung gas, kompor, wajan dan lainnya. Ga jauh beda dengan di Molawe disini pun tukang sayurnya datangnya  siang WTF :D.

Hari minggu biasanya, digunakan crew buat istrahat dicamp atau bagi crew di daerah setempat diberi izin pulang ke rumah. Sesekali saya  diajak suami naik ke kampnya di daerah Rounta, diatas puncak gunung.

Sampe di tkp, aku baru tau yang namanya camp tambang tengah hutan itu seperti ini, ada rasa sedih campur haru melihat tempat tinggal suami selama di camp, bagaimana tidak, tempat istirahat suami berupa  gubuk dari kayu beratapkan terpal. tidurnya pun rame-rame disana, alas tidur pun alakadar. Perjuangan mencari rupiah buat nafkahin anak istri, salut buat para lelaki yang kerja seperti ini.Sebagai istri,cuma bisa berdoa agar suami diberi kesabaran dan kebahagian selama tinggal di camp dan tentunya selalu sehat serta dilancarkan segala pekerjaan  oleh Alla SWT, Aamiin Yaa Rab Alaamiin.

Mungkin ga semua istri para geoligist berkesempatan untuk melihat tempat kerja suami, dan saya cukup beruntung diawal penikahan ini bisa ikut ke lokasi, sehingga saya bisa lebih bersyukur dan sabar atas segala pengorbanan dan pemberian suami.

Terlepas dari suasana baper yang saya rasakan di camp, di beberapa sudut camp saya lihat banyak juga tumbuhan anggrek disimpan, hahha kembali ke anggrek, ga hanya om gondrong, bahkan beberap crew yang ada di camp Rounta ternyata pencinta anggrek juga, dan ada pula yang simpanin buat istri di rumah.

Selama di camp Rounta suami pernah bawain anggrek besar bunga kuning serta bunga orange, suka banget dengan bunga.

Suami dapat koleksi angrek baru lagi
Selama di Mohoni saya beberapa kali kerumah temen suami dan dapat beberapa macam jenis bunga baru, alhasil juga koleksi bungaku menumpuk deh hahahhah.

Sebulan  di Mohoni, waktunya suami cuti kerja, kami pun kepak kepak barang dan teruma bunga bungaku, yang sudah menjadi dua box dan sekarung angrek hahaha, kalo boleh jujur ini perjalanku yang bawa barang terbanyak sepanjang masa.

Saya dengan suami naik bus Mega Mas dari Beteleme langsung ke Makassar, jadi cukup aman buat bongkar muat bungaku.  Bus berangkat dari Beteleme sekitar pukul 3 siang, sampe di pelabuhan Nuha sekitar pukul 6. Tentu saja perjalan tiga jam melewati jalur negara ini terbilang cukup berat dan bahaya, karna jalannya berbatu berlubang dan licin, saya dan penumpang lainnya pun beberapa kali harus menahan nafas dan berzikir teriak Allahu akbar, karna busnya oleng 45 derajat pas jalan,  hahaha nasib jalan negara Sulawesi Tengah.

Pelabuhan Nuha
Dari Nuha kami akan nyeberang menuju sorowako menggunakan kapal boat melintas di danau Matando sekitar 30 menit.
boatnya gratis karna udah include dengan tiket bus 300an ribu. Dari Sorowako  bus yang kami tumpangi berangkat sekiatar pukul 7 malam, dan tiba di Massakar sekitar pukul 9 pagi.

Honeymoon ala istri geologis sampe disini, thankiyu buat suami sudah diajak keliling daerah, walo signal aut outan dan dalam keterbatasan.

Semoga next time bisa diajak suami ke loaksi berbeda lagi, bisa dapat pengalaman baru lagi, tentunya sama baby kami.

Semoga berkah Allah SWT selalu menyertai, sarange suamiku ^___^.