Jumat, 06 Mei 2016

Air Terjun Kanduru Lambitu

Air Terjun Kanduru  1
Okeh lenga, gambar diatas merupakan salah satu hasil jepretanku di bagian terbawah dari air terjun kanduru, yang berada di kecamatan Lambitu kabupaten Bima NTB.
Lambitu merupakan salah satu wilayah di Bima yang memiliki tofografi berbukit bukit. Disini hutan dan suasana pohon yang rindang masih dapat ditemukan.
Ya foto air terjun yang lenga lihat diatas berada di wilayah ini, tepatnya di desa Teta, kecamatan Lambitu. Air terjun kanduru sendiri sebenarnya memiliki tiga bagian yang tak banyak orang tau loh. Biasanya pengunjung yang datang hanya berekreasi di bagian air terjun yang pertama yang berada  di bagian bawah air terjun. Tinggi air terjun ini sekitar 10 meter, kolam genangan airnya yang tak begitu dalam serta air yang tak begitu deras membuat air terjun ini aman untuk lokasi mandi.
Selain untuk  mandi, pengunjung lokal yang datang biasanya menjadikan lokasi ini untuk acara bakar-bakar bersama teman serta keluarga, hiks bukan bakar hutan loh tapi bakar-bakar ayam atau bebek, nyuuum...
Mau bakar bakar atau bawa makanan dari rumah itu suka suka, asal  sampah jangan dibuang sembarangan serta usai acara barbeque-an jangan lupa matikan bara api, biar aman dan sentosa alam Lambitu ya lenga.

Air terjun Kanduru 2
Ini dia, saya kasi bocoran penampakan bagian kedua air terjun kanduru, letaknya pas diatas air terjun bagian pertama, untuk sampe dilokasi ini harus mutar dari sisi bagian kanan air terjun yang pertama, cukup 5 -10 menit udah bisa sampai deh dilokasi kedua. Rute jalannya cukup aman bagi wanita maupun manula, lantaran jalannya yang tidak begitu menanjak serta banyak pepohonan untuk berpegangan. Tapi menurut saya, dilokasi kedua ini kurang safety buat mandi, karna cukup licin, curam dan sempit, takutnya lenga jatuh nih, jadi sekedar buat foto foto sedetik dua detik boleh lah.
Untuk menuju lokasi ketiga, lenga tinggal nanjak dari lokasi kedua ini, cuma beberapa langkah udah bisa deh mandi mandi lagi, air terjun pada lokasi kedua dan ketiga ini memang tidak setinggi dilokasi pertama, tapi yang penting airnya seger buger ya lenga.

Air Terjun Kanduru 3
Untuk menuju ke lokasi air terjun kanduru, lenga tinggal simpan motor dilahan parkiran yang telah disediakan, yang berada di desa Teta dengan biaya masuk sekaligus parkir Rp. 5000. Lalu perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit melewati jalan setapak. Disetiap persimpangan
akan ada plang yang menujukkan arah menuju air terjun sehinga pengunjung tidak tersesat. Setelah melewati jalan kecil, lenga akan  melewati pematang sawah dan mulai mengikuti saluran irigasi yang berujung dilokasi  air terjun. 

Dari kota Bima, bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 1 jam, terdapat dua jalur menuju Lambitu yakni jalur Belo atau Lampe, karna jalur Lampe sedikit rusak dan berbatu
jadi saran saya mending lewat jalur dari desa Roi Roka, jalanannya full aspal hotmik jadi aman buat kendaraan. Pemandangan melewati jalur ini pun cukup menyegarkan mata.

Selamat menikmati liburan lenga
Jaga terus kelestarian alam kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar